WORKSHOP TEATER

HAKEKAT SENI PERAN
DALAM KEHIDUPAN MANUSIA

Karya 2004 : MUHABBA PUTRA

Merupakan suatu kewajiban bangsa dalam melaksanakan pembinaan anak sebagai penerus bangsa yang perlu diarahkan untuk mengembangkan sikap menjunjung tinggi nilai luhur budaya bangsa serta dengan menyadari bahwa lembaga pendidikan formal maupun non formal sebagai pusat pembinaan pendidikan, kepribadian, kedisiplinan dan budaya maka perlu upaya pengembangan, peningkatan kreativitas dan wawasan seni kepada anak didik yang dilakukan secara terus-menerus dan berkelanjutan.
Karena sesungguhnya betapa pentingnya pembinaan berkesenian yang perlu diturunkan sedini mungkin kepada anak bangsa, selain melalui jalur pendidikan, dalam lingkungan sekarang perlu ditindak lanjuti dalam pelatihan di luar sekolah yang merupakan media pembekalan dan pematangan wawasan kreasi budi pekerti dan seni budaya agar tingkat pengembangan pertumbuhannya telah dilandasi norma, nilai luhur sesuai kepribadian bangsa Indonesia.
Mengawali citra kepribadian harapan bangsa yang menjadi cerminan suatu bangsa maka semua itu terlihat dari proses dimana perkembangan dan pertumbuhan manusia yang hakiki. Hal ini diukur dengan betapa pentingnya masa bermain bagi pertumbuhan fisik dan perkembangan mental seorang anak seutuhnya. Melalui bermain, anak dapat memetik berbagai manfaat bagi perkembangan aspek fisik–motorik, kecerdasan dan soisial emosional. Karena bermain adalah aktivitas yang menyenangkan dan merupakan kebutuhan yang sudah melekat dalam diri setiap anak. Sehingga bermain juga merupakan jembatan bagi anak dari belajar secara informal menjadi formal.
Hidup adalah suatu permainan, dimana permainan itu bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan manusia. Proses pertumbuhan dan perkembangan seorang anak manusia selalu menggunakan segala sarana permainan untuk menyatakan imajinasi, pikiran, perasaan dan fantasi mereka untuk menyatakan diri dan meningkatkan kepercayaan diri. Sudah jelas manfaat bermain terhadap anak sangat kompleks demi kemajuan anak dalam lingkungan kehidupannya. Seperti aspek perkembangan fisik, motorik, sosial, emosi, kepribadian, kognisi, ketajaman penginderaan, ketrampilan olah raga dan seni. Hal ini dapat pula pemanfaatan bermain sebagai media terapi dan media intervensi positif yang mengarah pada kemampuan tertentu.
Lalu bagaimana hubungan bermain dengan kesenian ? Kegiatan seni akan tercipta secara baik karena melalui sebuah permainan yang mendasar untuk pengembangan kreativitas. Apalagi seni drama merupakan salah satu bentuk bermain yang disukai anak. Seni drama berguna bagi anak karena :

• Mengembangkan Imajinasi.
• Mengembangkan kemampuan berpikir mandiri.
• Mengembangkan kemampuan untuk mencari ide – ide sendiri.
• Memberikan kesempatan pada anak untuk bekerjasama dengan anak lainnya.
• Mengembangkan kesadaran sosial.
• Merupakan sarana untuk mengekspresikan perasaan.
• Mengembangkan kebiasaan untuk berbicara dan mengembangkan bahasa.
• Mengenalkan anak dengan seni peran.
• Merupakan rekreasi bagi anak.

Memenuhi kepentingan kebutuhan apresiasi terhadap seni budaya maka kami, sekelompok seniman yang punya kepedulian moral untuk kemajuan anak bangsa, telah membentuk sebuah wadah seni budaya yaitu TEATER GRESS yang menekuni bidang Sastra, Drama dan BROADCASTING. Dengan program pendidikan seni akting yang “mengacu” pada proses belajar-mengajar dari Institut Kesenian Jakarta – TIM.
Hasil akhir dari sebuah pendidikan dari kami adalah pembekalan sesorang melalui ilmu seni peran guna memenuhi perkembangan dunia pertelevisian ( Sinetron ) yang begitu pesat. Apalagi dunia film yang kini sudah mulai kembali marak. Tapi semua itu tidak menutup kemungkinan dapat pula dimanfaatkan dalam kesuksesan berkarier. Sebagai tolak ukur suksesnya seseorang dapat dilihat dari prosentase EQ 60 % , IQ 35 % dan Ketrampilan 15 %.

BIODATA INSTRUKTUR AKTING

Lelaki ini punya nama MUHABBA PUTRA yang sering dipanggil ABBAS lahir di Surabaya tanggal 28 Februari 1970. Lingkungan kehidupan orang tuanya yang mengutamakan kesederhanaan. Ayahnya seorang Sarjana yang kini menjabat sebagai kepala sekolah negeri di Surabaya dan ibu adalah seorang wiraswasta.
Ia sendiri mulai menekuni dunia teater dari lingkungan teater sekolahan yakni SMP tahun 1986 hingga SMA tahun 1989. Sebernanya teater baginya hanya sekedar hobby saja.
Kenapa demikian ? karena ia pernah punya cita-cita ingin menempatkan titel dokter di depan namanya kelak. Tapi jauh dari kenyataan, ia hanya sempat kuliah di Perguruan Tinggi Swasta di Surabaya JURUSAN Matematika – MIPA, setahun kemudian keluar kuliah. Ia ingin berbalik haluan ke Institut Kesenian Jakarta (IKJ-LPKJ) tahun 1990 jurusan Teater. Disinilah ia mengenyam pendidikan tentang perteateran untuk membentuknya sebagai profesi tetap dalam dirinya kelak dan akhirnya telah menyelesaikan studinya tahun 1996.

Dari tahun 1992 telah meramaikan sinetron di televisi swasta diantaranya Serial “Kejar Daku Kau Kutangkap” di SCTV, Serial “Pernikahan Dini” di RCTI, Serial “Rio Penyelamat Bumi” di Indosiar, Serial “Jalan Lain Ke Sana” di SCTV, Cermin “ Sejuta Kasih Sayang” di Lativi, FTV “Misteri Kematian Shiela” di SCTV, FTV “Gerangan Cinta” di SCTV, Serial “Menggapai Bintang” di TV 7 dll.

Banyak produk iklan televisi yang sudah ditampilkan seperti Produk TV Oke! “Rapper TV”, Produk Republika “Wawancara Tokoh”, Produk Bank PSP “Orang Kaya Baru”, Produk Salam Mie “Demonstrasi”,
Produk Sabun Omo Biru “Marchind Band”, Produk Bank BNI ’46 “Happy Birthday”, Produk Ice Cream Campina “Bazooka”, Produk Bank Muamalat “Dana Pensiun” dll.
Apalagi keterlibatannya di dalam dunia Dubbing Film ( Pengisi Suara Film ) untuk Film Telenovela, Film India, Film Mandarin, Film Kartun, Film Benteng Takhesi, Film Oshin dll.
Sampai kini sibuk sebagai pelatih maupun pengajar Teater di beberapa Agency, Sekolah SD, SLTP dan SMU serta Sanggar Seni lainnya.
Kemampuannya tidak hanya itu tapi juga menguasai Fotografi ( Pemotretan & Video Shooting Pernikahan ) sehingga layak sebagai ENTERTAINER yang Profesional.

Workshop TEATER GRESS Surabaya
Jalan Tanjungsari No 14B Rt 001/002 Sukomanunggal Surabaya Barat 60188 Telp 031-7480638 HP 0813-32525795

1. Percaya Diri melalui penampilan peserta dalam mengungkapkan pendapat secara bertahap pada posisi duduk, berdiri, maju ke depan, di atas meja dan sebagainya.

2. Gerak Dasar dengan bergerak melingkar yang bebas berekspresi melalui berjalan secara periodik, irama, statis, meleleh, mencair, membeku, tumbuh, tiupan angin dg hujan deras, tumbang, berkembang sbg manusia secara pertumbuhan fisik dan rasa.

3. Imajinasi melalui bentuk yang terarah dalam menghidupi benda dan menciptakan suasana.

4. Aksi dan Reaksi melalui bermain peran secara bertahap dalam bentuk sebuah pementasan.

5. Permainan sederhana yang meliputi beberapa dasar akting yang kompleks.

Koleksi : teater_gress@yahoo.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: